TADABBUR ALAM KELAS 9

(21/12/22) Pasca PAS semester ganjil TP. 2022/2023, kelas IX UPT SMPN 16 Gresik melaksanakan tadabbur alam tanggal 19&20 Desember 2022 di Gresik.

 

Tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya. Tadabbur alam akan membersihkan diri dan jiwa dari energi- energi negatif yang telah menetap di hati dan pikiran seseorang, juga sebagai rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya.

 

Pelaksanaan tadabbur alam ini salah satunya bertujuan untuk mengetahui penyebaran agama Islam pada zaman dahulu tepatnya di Gresik.

 

Pemberangkatan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu:

Sesi 1: 9A-9E tadabbur alam pada tanggal 19 Desember 2022,

Sesi 2: 9F-9I tadabbur alam pada tanggal 20 Desember 2022.

 

Berikut adalah tempat tujuan tadabbur alam:

1. Fatimah binti Maimun

Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan beragama Islam yang wafat pada hari Jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M). Ini merupakan nisan kubur Islam tertua yang ditemukan di Nusantara. Makam tersebut berlokasi di desa Leran, Kecamatan Manyar, sekitar 5 km arah utara kota Gresik, Jawa Timur.

 

2. Pesarean nyai Ageng pinatih

Nyai Ageng Pinatih dipercaya merupakan ibu angkat dari Joko Samudro (nama kecil Sunan Giri atau Raden Paku) yang ditemukan terombang-ambing di laut oleh kapal yang berlayar ke Pulau Bali pada 1443.

 

3. Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim termasuk orang pertama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, dan merupakan wali senior di antara para Walisongo lainnya. Dengan ditemani oleh beberapa sahabatnya beliau datang pertama kali di desa Sembalo (sekarang Leran), Kecamatan Manyar, 9 kilometer arah utara kota Gresik.

 

4. Putri Cempo

Putri Cempo merupakan putri yang berasal dari Negeri Campa yang oleh sebagian orang dianggap sebagai istri dari Sunan Giri.

 

5. Dewi sekardadu

Dewi Sekardadu dikenal sebagai Raden Ayu Liyung Manoro, Raden Ayu Sumbat Nyowo, dan Raden Ayu Kusworo Dewi. Merupakan ibu kandung dari Raden Paku atau Sunan Giri.

 

6. Sunan giri

Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

 

Karena pada saat itu melewati salah satu mall yang ada di Gresik, siswa siswi diajak mampir ke mall tersebut yaitu icon mall, setelah dari icon mall mereka pulang.

 

Reporter: Rahmatul & Cecilia

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *