Tentang Scratch

APA ITU SCRATCH?

Apakah Rekathizen ingin membuat sebuah karya seperti game atau animasi tetapi bingung harus menggunakan apa? Jangan khawatir, karena sekarang ada Scratch, aplikasi untuk membantu Rekhatizen membuat game atau animasi dengan mudah dan menyenangkan. Apa sih Scratch itu? Yuk, kita explore bersama melalui artikel ini!

Apa Itu Scratch?

Scratch adalah aplikasi pemrograman dengan antarmuka visual yang memungkinkan seorang pemula untuk membuat cerita, permainan, dan animasi digital. Scratch ini sangat mudah digunakan karena tidak seperti aplikasi pemrograman lainnya yang menggunakan teks untuk membuat sebuah program, Scratch menggunakan sistem yang disebut coding block. Coding block adalah sebuah sistem yang membuat kodingan menjadi blok-blok. Sehingga kita hanya tinggal melakukan drag dan drop lalu menyusun blok kode tersebut seperti puzzle untuk membuat program yang diinginkan. Scratch dapat diakses secara online melalui website https://scratch.mit.edu dan offline dengan cara mengunduh aplikasi Scratch dan mengunduh aplikasi tambahan yaitu Adobe Air.

Jenis-Jenis Scratch

Scratch memilik dua versi berbeda yang dapat digunakan, yaitu Scratch dan ScratchJr. Scratch adalah aplikasi yang dikembangkan dan didesain untuk umur 8 tahun keatas yang memungkinkan mereka untuk membuat cerita, permainan, maupun animasi digital sendiri. Scratch ini telah digunakan di lebih dari 200 negara dan tersedia dalam 70 bahasa. ScratchJr adalah aplikasi yang dibuat dan didesain untuk anak-anak berumur 5 sampai 7 tahun sebagai pengenalan ke programming agar mereka dapat membuat permainan dan cerita mereka sendiri. Tampilan antarmuka dari ScratchJr ini didesain ulang dari Scratch biasa agar lebih mudah digunakan oleh anak-anak. ScratchJr ini dapat diunduh secara gratis di Appstore atau Playstore.

Fitur-fitur Scratch

Untuk membantu dalam pembuatan cerita interakrif, game, atau animasi, Scratch memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan. Fitur-fitur tersebut diantaranya :

1. Sprite

Sprite adalah gambar yang dapat diprogramkan dengan balok koding. Sprite ini dapat digunakan sebagai karakter di game atau karya lain yang ingin dibuat. Sprite juga dapat diganti atau ditambah dengan cara memilih sprite yang tersedia di library sprite, menggambar sendiri, atau dapat juga mengunggah gambar yang ada di komputer sendiri dengan meng-klik Upload Sprite.

2. Backdrop dan Stage

Backdrop adalah gambar yang dapat digunakan sebagai latar belakang dari karya yang dibuat. Sama seperti sprite, backdrop dapat diganti atau ditambah dengan cara memilih backdrop yang tersedia di library backdrop, menggambar sendiri, atau dapat mengunggah gambar yang ada di komputer sendiri dengan meng-klik Upload Backdrop.

3. Code

Script adalah kumpulan perintah koding dalam bentuk blok yang dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berbeda terhadap sprite atau backdrop dari karya yang dibuat. Didalam scratch terdapat 10 perintah yang berbeda, yaitu :

a) Motion
    Bagian motion berisi blok yang memberikan perintah untuk menggerakkan sprite.

b) Looks
    Bagian looks berisi blok yang memberikan perintah berhubungan dengan tampilan karya yang dibuat.

c) Sound
    Bagian sound berisi blok yang memberikan perintah berhubungan dengan suara karya yang dibuat.

d) Events
    Bagian events berisi blok yang memberikan perintah untuk memicu script lain di karya yang dibuat.

e) Control
    Bagian control berisi blok yang memberikan perintah untuk mengontrol script lain di karya yang dibuat.

f) Sensing
    Bagian sensor berisi blok yang memberikan perintah mendeteksi objek atau benda lain di karya yang dibuat.

g) Operators
    Bagian operator berisi blok yang memberikan perintah untuk melakukan operasi matematika di karya yang dibuat.

h) Variables
    Bagian variable berisi blok yang dapat digunakan untuk membuat variable baru yang dibutuhkan untuk karya yang dibuat.

i) My Blocks
    Bagian My Blocks berisi blok yang dapat digunakan untuk membuat blok koding baru untuk membantu pengerjaan karya yang dibuat.

 

4. Costumes

 

Costumes adalah kumpulan pose yang dimiliki oleh sprite. Setiap sprite memiliki jumlah pose yang berbeda. Pose yang ada juga dapat di edit di bagian kanvas edit sebelah kanan. Sama seperti sprite, kostum dapat ditambah dengan memilih langsung di library kostum, menggambar sendiri, atau dengan cara mengunggah gambar yang ada di komputer sendiri dengan meng-klik Upload Costume.

5. Sounds

Sounds adalah kumpulan suara yang dimiliki oleh sprite. Setiap sprite yang ada di Scratch biasanya disediakan satu suara secara otomatis. Sama seperti kostum, suara yang ada dapat diedit di bagian kanvas edit sebelah kanan. Suara ini juga dapat ditambahkan dengan cara yang sama seperti sprite, dapat dengan memilih langsung dari library sound, merekam suara sendiri atau dengan cara mengunggah suara yang ada di komputer dengan meng-klik Upload Sound.

 

Sumber : https://www.rekhatama.com/

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *